MECTA SIGMA Electroconvulsive Therapy

Mecta Sigma ECT
Completed 2EEG/ECG/EMG with printer

Harga                : Rp. 875.000.000,-                          

                           ( Sudah termasuk Pajak dan Ongkir Nasional )

*Harga Sewaktu-waktu dapat Berubah

 

Nama Alat     : MECTA SIGMA ECT completed 2EEG/ECG/EMG + Printer
Merk               : MECTA – USA
Type                : SIGMA
Manufaktur   : MECTA CORPORATION

Gambar Mecta Zigma

Executive Summary Product

Perangkat MECTA Sigma adalah generasi kelima dari perangkat ECT MECTA dan terus menjadi alat ECT yang canggih secara teknis, sambil terus menawarkan keamanan dan kemanjuran yang lebih baik secara klinis. Perangkat ECT Sigma menawarkan hingga tujuh saluran pemantauan EEG, ECG, EMG dan Sensor Gerak Optik. Perangkat Sigma® menawarkan fleksibilitas pengguna dengan empat parameter stimulus untuk memvariasikan energi dan muatan (Charge). Parameter stimulus dapat bervariasi secara individual dalam mode Four Knob atau bersama-sama dalam mode One Knob

Kelebihan / Keunggulan

  • Layar LCD / Layar Sentuh memberi pengguna antarmuka untuk mengatur parameter pra-Teatment dan melihat pemantauan sebelum dan sesudah Treatment serta data pasien. Ini memberikan pengguna lebih banyak fleksibilitas karena ia dapat mengakses semua menu hanya dengan menyentuh layar.
  • Layar LCD juga memberi pengguna alfanumerik yang membimbingnya melalui self test, Treatment, dan pemantauan EEG, ECG, EMG, dan OMS. Layar LCD / Layar Sentuh mencakup sembilan pilihan menu pengaturan yang dapat membantu untuk menyesuaikan perawatan masing-masing pasien untuk meningkatkan kemanjuran masing-masing perawatan.
  • Layar LCD / Touch memungkinkan pengguna untuk memasukkan dan menampilkan data yang dapat direkam pada catatan pasien terkait dengan tes mandiri dan perawatan untuk memastikan keamanan yang lebih besar. Hingga tujuh saluran pemantauan dapat dilihat pada layar sentuh LCD.
  • Perekam grafik thermal empat channel menyediakan pengguna dengan hard copy dari self test dan hasil treatment. Kesederhanaan penggunaan perekam grafik hanya mengharuskan pengguna memilih chanel yang akan dicetak dan mengatur keuntungan dari channel yang digunakan. Self test dan jejak perawatan dicetak secara otomatis. Print-out menyediakan hingga empat channel pemantauan dan juga memberikan pengguna waktu berlalu (elpased time), jejeka ID (trace ID), hasil, tanggal, waktu treatment, penghitung waktu kejadian dan informasi pasien. Parameter stimulus juga ditampilkan pada LCD / Layar Sentuh.
  • LED Status Stimulus menyala untuk menginformasikan kepada pengguna konfirmasi visual bahwa Sigma diaktifkan, bahwa stimulus sedang dikirim, dan akhirnya akan menunjukkan jika ada kesalahan pengiriman stimulus. Tiga nada peringatan selama sef test dan nada konstan selama treatment terus memberikan pengguna dengan peringatan yang terdengar selama proses treatment. Pemantauan impedansi terus-menerus ditampilkan pada LCD / Layar Sentuh dan menawarkan akurasi yang jauh lebih besar kepada pengguna dalam menghindari self test yang gagal. Bio-feedback ini memberinya rentang yang dapat diterima secara terus menerus, yang mencegah kejang yang hilang atau dibatalkan dan menghasilkan kemanjuran pengobatan yang jauh lebih besar.
  • Monitoring fisiologis tersedia dalam tujuh konfigurasi Channel sensor. Opsi ini tersedia sebagai empat input pada modul sensor. Ada hingga empat channel EEG, satu channel ECG, satu channel EMG, dan satu channel OMS. Optical Motion Sensor (OMS) memungkinkan pengguna untuk memonitor pergerakan motor selama kejang dan memberikan informasi berharga lebih lanjut dalam menilai kemanjuran kejang. Bungkus velcro dengan emitor dan detektor membungkus jari atau kaki dan gerakan indra. Kesederhanaan penggunaannya menghilangkan masalah elektroda, gel, penempelan dan penempatan. Fitur baru dalam penawaran Sigma menawarkan opsi untuk mengukur pemnatauan impedansi untuk membantu memastikan rekaman data fisiologis yang berkualitas.
  • Pengatur waktu kejadian, dan informasi petunjuk semuanya memberikan informasi tambahan bagi dokter yang memungkinkannya menilai dan meningkatkan kemanjuran klinis dengan lebih baik. Fitur Lead off dokumen menunjukan  lead EEG atau ECG mati. Fitur pengukuran impedansi yang baru mengkuantifikasi kualitas kontak elektroda pemantauan dengan pasien, sehingga membantu untuk memastikan kualitas tinggi menangkap data saluran pemantauan. Waktu yang berlalu, tanggal dan waktu treatment, dan informasi pasien semua membantu dokter dalam menjaga catatan dan meningkatkan treatment klinis di masa depan. Semua fitur ini dapat dilihat pada Layar Sentuh LCD dan juga dicetak pada perekam grafik sebagai catatan permanen.
  • Fitur pemantauan jarak jauh/ remote, memungkinkan pengguna untuk menggunakan port output sinyal digital. Port ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan dan menyimpan hingga tujuh channel pemantauan fisiologis dan data tampilan LCD pada PC

Semua fitur di atas menuntut desain teknis lebh muatakhir untuk mengakomodasi mereka seperti halnya komitmen untuk merancang dengan standar domestik dan internasional yang paling ketat; yang semuanya menghasilkan keamanan yang unggul dalam perangkat Sigma untuk memenuhi standar ini. Perangkat-perangkat baru ini meliputi pengujian dan verifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang berlebihan dan  beroperasi dengan benar. Keamanan perangkat ini tidak bisa dibandingkan, dan dengan demikian merupakan kemajuan yang akan berdampak pada keamanan dan kemanjuran pengobatan ECT secara dramatis.

Karena kemajuan teknis merupakan hasil dari permintaan lapangan akan informasi yang lebih besar, kemanjuran, dan keamanan, sehingga kemajuan klinis terutama telah berlangsung di lapangan selama semua riwayat perjalanan peggunaan perangkat ECT MECTA. Oleh karena itu, seri MECTA ECT Sigma akan digunakan dalam pengaturan klinis dengan ECT * yang dimodifikasi. Seri Sigma menggunakan gelombang persegi bi-directional arus konstan dan item starter kit yang menyertai perangkat ini diperlukan untuk digunakan dengan Sigma.(* Fink, Max M.D., Convulsive Therapy, Raven Press, pp. 210-214.)

Karakterustik Mecta ECT SIGMA :

  • TFT Monitor Layar Sentuh (3,37 x 6,06 inch (7,0 Inch Diagonal)
  • Dimensi 44,45 (W) x 20,3 (H) x 49,53 (D) cm;
  • Berat Bersih : 11,6
  • Power : 230 V / 115 Volts 50/60 Hz;
  • Built in printer;
  • RSS232 Interface;
  • Casing warna putih

Sejarah Pemasaran

Electroconvulsive Therapy pertama kali diperkenalkan oleh dua orang Neurologist berkebangsaan Italy yaitu Dr. Ugo Carleti dan Dr. Lucio Bini pada tahun 1930.

Melalui kerjasama penelitian yang dilakukan Dr. Paul Blachley dan MECTA ECT Research di OHSU (Oregon Health Science University), MECTA menetapkan standar tinggi untuk produk ECT pertamanya dengan kemampuan Montoring EEG/ECG dan Brief Pulse-nya (ECT MECTA Model C tahun 1973 dan ECT MECTA Model D tahun 1981)

ECT MECTA model SR /JR merupakan ECT digital pertama yang didesain tahun 1985 dan memberikan data, monitoring dan kemampuan penyimpanan database mutakhir.

Perkembangan lima model generasi peralatan ECT yang dikembangkan oleh MECTA CORPORATION berikut ini :

1973    : MECTA Model C ( Riset oleh Oregon Science Health University)

1981    : MECTA model D (MECTA)

1985    : MECTA model SR dan JR  (MECTA)

1998    : MECTA model Spectrum  5000 dan 4000 (MECTA, Duke University dan Columbia University)

2020    : Mecta model SIGMA (MECTA, Duke University dan Columbia University)

Serangkaian hasil penelitian yang telah dilakukan di Columbia University yang sudah dipublikasikan dalam Journal of Medicine Science telah diimplelmentasikan ke dalam produk ECT MECTA generasi ketiga yaitu ECT MECTA MODEL SR dan JR yang diperkenalkan tahun 1985 dengan penerapan TEKNIK SKEMA DAN TITRASI MULTI DOSIS RUL ECT (RUL ECT MULTIPLE DOSING SCHEMES AND TITRATION)

Tahun 1998 melalui penelitian yang dilakukan di Columbia University dan Duke University di integrasikan ke dalam produk ECT MECTA generasi ke empat uaitu ECT MECTA Model spECTrum 5000 dan spECTrum 4000 dilengkapi dengan EEG Data Analysis, Spectrum UltraBrief ECT yang merupakan perkembangan teknologi ECT terbaru dengan tingkat efisiensi terapi dan keamanan pasien yang tinggi

Tahun 2011 MECTA melengkapi ECT Model Spectrum 5000 dan Spectrum 4000 dengan NEW OPTIMIZED PARAMETER SET yang dikombinasi dengan Optimized Titration Methodology dan Bentuk Gelombang Ultra Brief yang secara nyata berhasil meminimalisir efek kognitif pada pasien.

Tahun 2020 MECTA meluncurkan generasi ke lima yaitu ECT SIGMA model. Beberapa kelebihan ditampilkan melalui montior berwarna dengan teknologi layar sentuh. Dilengkapi trace configuration physiological monitoring berupa 2-4 EEG, 1 ECG, 1 EMG dan 1 OMS. Memiliki Printer 2-4 channel untuk merekam hasil treatment. NEW OPTIMIZED PARAMETER SET yang dikombinasi dengan Optimized Titration Methodology dan Bentuk Gelombang Ultra Brief yang secara nyata berhasil meminimalisir efek kognitif pada pasien.

Telah dipasarkan dan dipergunakan di negara asal USA, Eropa, Asia,Australia dan Afrika antara lain :

United State of America (USA), Canada, South America (Brasil, Costa Rica, Uruguay, Ecuador, Peru, Mexico, Chile); Uni Eropa (United Kingdom (UK) dan skotlandia, Irlandia, France, Italia, Spanyol, Portugal, Belgia, Holland, Switzerland, Czech Republic, Slovakia, Polandia, Hungaria; Pacific Rim termasuk PR China, Korea, Thailand, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Taiwan, Hong Kong, Australia, New Zealand; Timur tengan (Saudi Arabia, turki, Mesir, Israel, Pakistan Irak, Oman); Africa : South Africa, North Africa (Algeria, Tunisia, Morocco) dll

Mekanisme Kerja Alat

Stimulus elektrik dengan Ultra Brief Pulse dari alat ECT (Electro Convulsive Therapy) akan menghasilkan aliran arus intracerebral yang cukup untuk menimbulkan seizure lokal yang cukup (adequate) di dalam otak sehingga memberikan respon terapetik /efek terapi kepada pasien yang mengalami gangguan kejiwaan. Ambang seizure adalah jumlah yang minimum dari charge waktu tertentu. Pengaturan pemberian stimulus dari alat ECT dapat dilakukan dengan men-setting variable Pulse Width (PW), Frekuensi (F), Durasi (D) dan Current, sesuai dengan dosis yang diberikan oleh User

Tujuan Penggunaan

  • Untuk memberikan terapi pada pasien yang mengalami gangguan kejiwaan (Mental Disorder) yang terbagi dua menjadi Mood Disorder (Major Depression Disorder, Mania) dan Thought Disorder (Gangguan Pikiran / Kejiwaan) berdasarkan Standar DSM IV TR (American Psychiatry Association : Diagnostic and Manual Statistical manual of Mental Disorder, 4th edition Text Revition Washington DC, APA 2000).
  • Alat ECT ini juga digunakan sebagai alternative penyembuhan terakhir pada pasien gangguan jiwa yang tidak lagi merespon obat-obat anti depresan yang diberikan Dokter semisal pasien gangguan jiwa karena narkoba

Indikasi Pasien

Terapi pasien yang diberikan dengan premedikasi dapat dilakukan dengan alat ECT SIGMA sehingga mengurangi rasa sakit pada pasien saat pemberian stimulus. Pemberian treatment dilakukan selama 2- 3 Minggu dengan intensitas 2-3 kali perminggu. ECT ditujukan untuk pasien gangguan jiwa yang didiagnosa menderita major depresi terutama pasien yang kecenderungan bunuh diri dan tidak responsive terhadap terapi farmakologis dengan dosis efektif tinggi dan psikoterapi. Diperlukan pertimbangan yang sangat khusus untuk pasien yang sedang hamil, anak-anak dan pasien lanjut usia karena terkait dengan efek samping yang mungkin timbul.

Terapi pasien yang diberikan dengan premedikasi dapat dilakukan dengan alat ECT SIGMA sehingga mengurangi rasa sakit pada pasien saat pemberian stimulus. Pemberian treatment dilakukan selama 2- 3 Minggu dengan intensitas 2-3 kali perminggu.

Petunjuk Penggunaan Alat ECT secara umum:

A.Persiapan Pasien

Pasien dalam posisi berbaring, dipasang Flat/Concave Electrode yang sudah diberi jelly di kening pasien yang dikencangkan dengan head band.

Pasang EEG Electrode pada dahi, ECG Electrode pada bagian dada pasien, EMG Electrode dipasang pada kaki kanan atau tangan kanan dan Bite Block ke mulut pasien.

B. Pemakaian Alat

  • Hidupkan tombol Power ON/OFF. Maka alat akan melakukan AUTO KALIBRASI PERFORMING INTERNAL SELF TEST.  setelah selesai maka akan timbul tulisan pada monitor INTERNAL TEST PASSED
  • Tekan ikon HOME maka akan muncul gelombang EEG, ECG, EMG, OMS pasien realtime.ekan MENU untuk mengisi data pasien. Gunakan  tombol parameter setting  PULSE WIDTH, FREQUENCY, DURATION dan CURRENT, untuk menentukan besaran Energy (Joule) yang akan diberikan ke pasien.
  • Pasien dilakukan pemberian premedikasi dan relaxan dengan dosis sangat singkat yang bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada pasien saat dilakukan treatment, dan tunggu sampat obat premedikasi bekerja
  • Tekan tombol STIMULUS, maka alat akan menstimulasi pasien/ Terjadi perubahan gelombang EEG/ECG/EMG pasien terlihat pada monitor dan alat secara otomatis akan mem-print out hasil treatment dan rekaman EEG/ECG/EMG.
  • Tunggu selama 15-25 detik maka gelombang EEG/ECG/EMG pasien kembali ke keadaan normal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *